browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

STRUKTUR KEPENGURUSAN ASRAMA TPB IPB

Posted by on August 8, 2014

Selamat datang Generasi Kreator Peradaban 51 di kampus paling kece di Indonesia, Institut Pertanian Bogor. Wah bagaimana nih perasaan teman-teman 51 sudah berada di Kampus IPB ini? Pastinya senang dong hehehe. Kalian datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, termasuk yang jauh banget, yaitu Bogor hehehe -lho? kok jauh? wah ada-ada aja nih admin-. Teman-teman 51 atau angkatan 2014 yang statusnya menjadi mahasiswa baru (maba) Institut Pertanian Bogor wajib mengikuti program asrama, salah satunya yaaa tinggal di asrama selama lebih kurang satu tahun. By the way nih, emang ada apa saja sih yang ada di asrama? Banyak program ya? Wah siapa yang mau menjadi pengurusnya? Apakah hanya senior resident (SR)?. Perlu diketahui sobat 51 bahwa setiap program keasramaan tidak hanya dikontrol oleh SR. SR yang hanya berbanding sedikit dibanding jumlah kalian, kayaknya bakal kewalahan –capek deh¬-. Di Asrama, SR akan dibantu dengan beberapa orang dari kalian yang akan melancarkan seluruh program keasramaan. Kepo mau tahu siapa mereka? Simak yuk baik-baik penjelasan admin di bawah. Selamat menyimak.
Mereka terkumpul sebagai Dewan Asrama (DG). Dimulai dari tingkat paling tinggi kepengurusan DG di asrama TPB IPB. Dewan Gedung berdiri bersama bimbingan seluruh SR. Setiap putera-puteri insan asrama memiliki gedung yang berbeda-beda. Asrama putera memiliki empat gedung: asrama C1, asrama C2, asrama C3, dan asrama C4. Asrama puteri memiliki lima gedung: asrama A1, asrama A2, asrama A3, asrama A4, dan asrama A5. Setiap gedung asrama memiliki satu pemimpin yang biasa disebut lurah –udah kayak dinas aja¬-. Nah pak/ ibu lurah biasanya memiliki partner sekretaris dan bendahara. Lalu siapa lagi yang membantu pak/ ibu lurah? Hanya sekretaris dan bendahara kah? Tenang sobat 51, ane belom beres gan hahah. Di setiap lorong, lurah memiliki partnernya untuk mengondisikan teman-teman lorong, yaitu RT. RT dipilih dari kalangan kalian yang akan menjadi pemimpin lorong di setiap asrama. RT dibantu ketua rohis lorong atau bisa juga disebut wakil RT, sekretaris RT, bendahara RT, dan divisi-divisi lainnya sesuai kebutuhan lorong kalian, bro and sis, namun partener RT (wakil RT, sekretaris RT, bendahara RT, dan partner RT lainnya di lorong) bukanlah bagian resmi dari Dewan Gedung. Wah kompleks juga ya struktur kepengurusan asrama –pusing gue¬-. Oh iya hampir lupa, setiap lurah dari masing-masing asrama memiliki komadan lurah, tentunya dipilih dari kalangan lurah asrama putera dong, hehehe.
Nah apa saja sih program DG? admin mulai dulu dari wilayah lorong ya bro and sis. Dari pihak keasramaan sendiri, agenda wajib rutinan dari lorong ialah Soga lorong (Sorong), -wah apa tuh soga?- soga itu merupakan kependekan dari Social Gathering. Di dalam acara tersebut, biasanya SR masing-masing lorong mengumpulkan semua anak lorong untuk berkomunikasi secara intensif –curhat lah bahasa gaulnya- mengenai perkuliahan, kehidupan asrama, de el el. Pokoknya inti dari kegiatan ini untuk mengakrabkan teman satu lorong. Kemudian, ada ngaji lorong (ngalong). Kegiatan ini untuk mahasiswa insan asrama yang beragama Islam. Agendanya tilawah Qur’an bersama dan sedikit tausiyah dari SR atau pun kalian sendiri sobat, hahaha. Nah agenda lainnya sesuai kemauan kalian sobat 51, biasanya dulu admin sama temen-temen lorong admin, ada agenda bersepeda, renang, makan, lari pagi dll, tentunya bersama teman satu lorong.
Sekarang kita simak bahasan agenda gedung. Setiap gedung memiliki lurah masing-masing –¬kan udah dijelasin min di atas, haduh!-. Setiap lurah yang terpilih harus bisa mengondisikan teman-teman gedungnya untuk mengikuti rangkaian agenda, baik agenda yang dibuat lurah dan konco-konconya ataupun agenda yang telah ditetapkan asrama, salah satu agenda rutinnya ialah Apel Pagi. Apel pagi sejenis upacara gitu lho, di situ teman-teman 51 bakal dapet ceramah menggugah dari pembicara-pembica yang berprestasi di IPB, alias kakak tingkat yang berpengaruh dalam kemajuan kampus kita tercinta ini, tapi gak selalu kakak senior yang menjadi pembicara dalam apel pagi. Kemudian, ada agenda Sodung (social gathering gedung) dan Ngadung (Ngaji gedung). Sodung dan ngadung sebenarnya sama dengan sorong dan ngalong, hanya saja cakupan sodung dan ngadung lebih banyak dari sorong dan ngalong –yaiyalah segedung gitu loh-. Agenda lainnya disesuaikan dengan program DG dari masing-masing asrama. Intinya yang pasti ada perlombaan, baik perlombaan akademik, olahraga, maupun seni (termasuk games).
Ada lagi nih sobat 51, lembaga yang bernaung di bawah Keasramaan. Lembaga ini tugasnya melayani dan memonitoring kegiatan kerohanian Islam di asrama, berasal dari kalangan kalian juga lho, yaitu Demush –apalagi tuh, weleh-weleh¬-. Demush itu kependekan dari Dewan Musholla, udah pada tahu kan setiap asrama ada mushollanya? –awas lho kalo gak tau hehe-. Setiap asrama memiliki dewan mushollanya masing-masing. Seperti organisasi pada umumnya, Demush pun memeliki struktur kepengurusan dari ketua sampai divisi-divisinya. Nah, gabungan dari seluruh pengurus demush astra (asrama putera) sampai asrtri (asrama puteri) disebut FSDMA: Forum Silaturahim Dewan Musholla Asrama. Wah pokoknya bagi kalian yang mau berkontribusi untuk kegiatan rohis asrama, silakan bergabung bersama FSDMA . Program FSDMA banyak juga sob, gak kalah sama DG lainnya. Dari Pengajian sampai perlombaan-perlombaan, intinya yang berbau keagamaan Islam.
Nah itulah sedikit yang admin tahu tentang struktur keasramaan di TPB IPB. Mohon maaf ya apabila ada kekurangan dan kesalahan. Silakan komentar bagi yang ingin bertanya tentang keasramaan di kolom komentar. Selamat menjadi bagian dari peradaban madani Indonesia. Hidup mahasiswa !!!.

Leave a Reply