browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Stasiun dan Terminal di Bogor dan Sekitarnya

Bismillahirrahmaanirrahim..
Assalamu’alaykum adik-adik creator peradaban , bagaimana liburannya? Mimin mau minta maaf bila selama ini ada banyak kesalahan baik dalam salah ucap maupun salah posting. Minal Aidin Wal Faidzin yaa jangan lupa tugas MPKMBnya dicicil dari sekarang ok? ^^
Nah, sambil kalian ngerjain tugas MPKMB, mimin mau nemenin nih sembari ngasih info. Info kali ini seputar terminal dan stasiun apa saja yang musti kalian tahu di Bogor. Yuk disimak yaa cekidot!
Stasiun
Stasiun kereta api tepatnya. Biasanya para mahasiswa IPB ini kalau mau pulang kampung banyak yang menggunakan sarana transportasi ini karena cenderung murah dan cepat ketimbang transportasi yang lain. Stasiun kereta api di Bogor ada tiga yang umumnya dikenal oleh masyarakat Bogor, yaitu stasiun Bogor kota, Stasiun Cilebut, dan stasiun Bojong. Pada penasaran kan seperti apa stasiun-stasiun tersebut?

a. Stasiun Bogor

Stasiun Bogor


Stasiun Bogor


Mimin yakin, pasti udah banyak yang tau stasiun Bogor. Karena banyak banget mahasiswa yang
pulang naik kereta di stasiun ini. Stasiun Bogor atau yang dulu disebut Stasiun Buitenzorg, terletak di Jalan Kapten Muslihat, dekat dengan Matahari Dept Store dan Taman Topi. Kalau dari arah kampus, kalian hanya butuh naik dua kali angkot saja, yaitu angkot kampus dalam, kemudian turun di terminal laladon kemudian kalian bebas naik angkot 03 atau 02. Nanti angkot tersebut bakalan turun tepat di depan stasiun Bogornya..jadi jangan khawatir kesasar ya, asalkan naik angkotnya sesuai dengan nomor yang mimin bilang hehe. Stasiun ini memberangkatkan komuter yang melayani kawasan jabodetabek, yakni menuju stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Jatinegara. Selain melayani komuter di kawasan Jabodetabek, komuter di sini juga melayani pemberangkatan dengan rute Sukabumi-Bogor. Hanya saja pemberangkatannya di Halte Paledang, yang berjarak 200 meter dari selatan stasiun.

b. Stasiun Cilebut
Buat para keator yang masih asing dan baru denger nama stasiun ini, mimin cerita sedikit nih.. jadi stasiun ini terletak di Cilebut Timur, Sukaraja, Bogor. Cukup jauh lokasinya dari kampus tercinta. Akses menuju ke stasiun ini pun tergantung jam nya loh.. biasanya sebelum jam 5 sore kalian bisa naik angkot kampus dalam, turun di terminal bubulak, kemudian naik angkot 19 sampai stasiun Cilebut. Tapi kalau kalian berangkat setelah jam 5 sore, biasanya angkot 19 udah susah dicari nih makanya kalian naik angkot 32 dari terminal bubulak atau laladon, kemudian naik angkot 32, turun di sebelum underpass deket Hypermart, kemudian lanjut lagi naik agkot 07 ke arah Bojong. Kereta yang berhenti di stasiun ini adalah komuter Bogor-Jakarta.

c. Stasiun Bojong

Stasiun Bojong Gede


Ada yang tau stasiun Bojong? Hehe memang lokasi stasiun yang satu ini jauh dengan lokasi kampus kita nih, gais  secara stasiun ini terletak di Jl. Pasar Baru, Bojonggede Bogor. Nah yang perlu kalian tahu, akses menuju stasiun Bojong ini hampir sama lho dengan akses menuju stasiun Cilebut. Bedanya kalau kalian naik angkot 19, dari stasiun Cilebut kalian naik angkot lagi 07 ke arah Bojong. Nah kalau naik angkot 32, kalian juga naik angkot 07 ke arah Bojong, sampai stasiun Bojong ^^ komuter yang berhenti di stasiun ini ada komuter jurusan Bogor-Jakarta, dan komuter jurusan Bogor-Jatinegara.

Nah, itu dia stasiun yang terkenal di Bogor, gak Cuma stasiun Bogor aja lho, hehe. Kalau kalian bosan dengan suasana di Stasiun Bogor, boleh dicoba stasiun-stasiun yang udah mimin certain, biar nambah pengalaman, sekalian jalan-jalan di Bogor, ya gak? Hehe
Selanjutnya, mimin mau ngasih info juga tentang terminal yang umumnya digunaka oleh masyarakat Bogor. Gak Cuma terminal bus aja, tapi ada juga loh terminal angkot. Secara Bogor kan punya julukan Kota Seribu Angkot  mimin mulai dari yang terdekat dengan kampus yaa

a. Terminal Bubulak dan Terminal TransPakuan

Terminal TransPakuan


Akses menuju ke terminal yang satu ini mudah loh, hanya satu kali naik angkot kampus dalam. Tapi biasanya kalian harus bilang dulu ke sopirnya “Bubulak bang,” karena biasanya angkot kampus dalam sebelum lewat terminal Bubulak sudah memutar lagi. Jadi jangan lupa bilang ke abang angkotnya yaa. Di terminal Bubulak ini banyak terdapat angkot-angkot seperti angkot 19, angkot 32, dsb. Ada juga bis-bis besar dengan tujuan tertentu. Nah, di samping terminal Bubulak ini, tepatnya samping kanan ke bawah dikit, ada terminal TransPakuan. TransPakuan itu alat transortasi yang hampir mirip TransJakarta, versi Bogornya hehe cuman yang ini lebih pendek dan kecil. Jadi Terminal ini isinya TransPakuan aja, ga ada transportasi lainnya. Angkot dengan jurusan laladon (kampus dalam, ciampea, leuwiliang,dll) bisa loh masuk ke terminal ini, biasanya untuk menurunkan penumpang yang mau naik TransPakuan. Tapi kalian harus bilang dulu kea bang angkotnya kalau kalia mau ke terminal Pakuan, soalnya biasanya angkot laladon itu suka muter sebelum melewati terminal TransPakuan. Gimana cara bilang ke abangnya? Bilang aja “Pakuan bang,” pasti abangnya ngerti hehe.

b. Terminal Laladon

Terminal Laladon


Terminal Laladon ini terletak di Jalan Sindangbarang, Laladon, Bogor. Dari IPB, kita bisa naik angkot apa saja..tapi jangan lupa bertanya dulu ke abang sopirnya. Terminal Laladon ini umumnya adalah terminal angkot. Ada berbagai macam angkot, mulai angkot 03, angkot 02, angkot 32, angkot….dsb.

c. Terminal TransPakuan Cidangiang

terminal transpakuan cidangiang


Nah kalau tadi terminal TransPakuan yang di Bubulak itu hulu-nya, maka Terminal TransPakuan Cidangiang ini hilirnya. Letaknya di Jl Cidangiang, dekat dengan Pool Damri Bogor, IPB convention Center, dan Botani Square. Siapa yang belum tau Botani Square? Mall nya IPB looh ayo ayo jagan lupa mampir yaa buat cuci mata aja juga gapapa kok hehe #deritamahasiswa. Terminal TransPakuan Cidangiang ini juga melayani pemberangkatan TransPakuan dari Cidangiang menuju Bellanova, sentul. Terminal ini cukup dekat loh lokasinya terminal Baranangsiang.

d. Terminal Baranang siang

Terminal Baranang Siang


Pasti para maba creator peradaban sudah gak asing lagi dengan nama terminal yang satu ini. Tentunya karena terminal ini adalah terminal yang paling strategis dekat dengan tol menuju Bogor. Di terminal ini banyak sekali bis dengan jurusan ke luar kota, sampai luar provinsi.


Leave a Reply