browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Common Class Room

Gedung CCR Selamat datang di kampus IPB! Kali ini kamu akan dikenalkan dengan salah satu gedung yang dibangun khusus untuk mahasiswa TPB, Common Class Room atau CCR. Gedung yang menyerupai gedung Diploma IPB di Baranangsiang ini dibangun di atas tanah yang dulunya dipenuhi oleh pohon karet. Bentuk Teaching Lab juga mirip dengan CCR lho, hanya bagian dalamnya saja yang berbeda. Sekarang mari kita mulai masuk ke dalam CCR. Ada dua pintu masuk ke gedung ini, pintu depan atau pintu utama yang berada di dekat tempat parkiran mobil dan berhadapan langsung dengan lapangan. Sedangkan pintu belakang berdekatan dengan tempat parkiran motor.
Dari pintu depan akan ada sebuah lobi yang sering dijadikan tempat ngumpul, ngenet, ngerjain tugas, atau sekedar ngobrol bagi mahasiswa TPB. Ada juga lobi belakang yang akan kalian temui jika memasuki CCR melalui pintu belakang. Kedua tempat ini memiliki fungsi yang sama dan dengan bangku-bangku nyaman serta colokaan di mana-mana membuat tempat ini menjadi salah satu spot terasik di CCR. Hal yang sedikit berbeda dari lobi belakang adalah adanya sebuah meja kayu tempat di mana kita bisa ngenet sambil duduk lesehan. Gedung ini memiliki empat toilet perempuan dan empat toilet laki-laki. Letaknya berada di pojok-pojok gedung yang berdekatan dengan tangga. Selain empat tangga yang berada di pojok, CCR juga memiliki dua tangga lainnya yang berada di dekat taman bagian tengah.
Terdapat 10 ruang kuliah di lantai satu dan 16 ruang kuliah di lantai dua yang masing-masing ruangan mampu menampung lebih dari 100 mahasiswa. Setiap ruangan memiliki dua buah papan tulis, satu proyektor beserta layar, dan speaker. Di CCR juga terdapat ruang sekretariat TPB, pelayanan mahasiswa, ruang tunggu dosen, dan ruang bimbingan konseling. Seluruh ruangan ini terdapat di lantai satu dan letaknya tidak jauh dari lobi depan. Di lantai dua juga ada sebuah ruangan berkapasitas besar yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, yaitu Auditorium CCR. Lalu, bagaimana dengan tempat salat? Di CCR memang tidak ada ruangan khusus untuk salat, pembangunan tempat salat memang masih dalam proses. Untuk saat ini, kamu bisa salat di lorong dekat ruang kuliah 107 dan 108 yang berada di lantai satu. Kamu juga bisa salat di musholah FMIPA yang letaknya tidak jauh dari pintu belakang CCR.
Common Class Room ini bisa digolongkan menjadi gedung kuliah ternyaman di IPB. Fasilitas dan ruangannya memang terjaga dan terawat dengan baik. Buat kamu para mahasiwa baru, selamat menikmati kuliah di gedung ini. Nantinya saat kalian harus meninggalkan masa TPB, segala hal yang berhubungan dengan masa-masa itu pasti akan sangat dirindukan.


Leave a Reply