browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Apa Lagi Tuh MPKMB

Hai sahabat Kreator Peradaban 51, apa kabar ? Semoga senantiasa sehat selalu. Ehm… pernah denger kata MPKMB ? Atau belum pernah sama sekali ? Wah bahaya nih kalau belum pernah denger kata yang satu ini, status siaga 1 dong ¬–hahaha lebay ya adminnya-. Oke deh mimin jelasin apa itu MPKMB dari pengalaman mimin tahun kemarin. Secara umum aja ya bro and sis!. Tetap fokus sama bacaan di bawah. Hehehe….
MPKMB merupakan kependekan dari Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru. Sebenarnya nama MPKMB akan lebih jelas bila bernama MPKMB IPB karena yang memakai nama MPKMB hanya kampus kita tercinta, Institut Pertanian Bogor. Secara garis umum, MPMKB IPB adalah salah satu program besar kampus untuk mahasiswa baru yang dipertanggungjawabi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor atau BEM KM IPB. Program ini mungkin bisa kalian kenal seperti halnya MOS atau MOPD saat kalian SMP dan SMA. “Wah min, gue gak mau ngikut ah soalnya MOS itu cuma ngebebanin siswa-siswi baru” Waduh sebentar-sebentar calm down yoo MPKMB IPB pasti berasa beda deh mimin jamin. Perlu kalian ketahui, di MPKMB IPB tidak ada yang namanya senioritas negatif atau perkeloncoan, apalagi siksaan berupa fisik, wah gak bakalan deh. ”Terus min, gambaran MPKMB tuh kayak gimana?” Mimin akan jelaskan –secara umum aja ya hahah- apa saja yang didapat dari MPKMB.
Sebelum memasuki hari H, ada pengenalan MPKMB untuk mahasiswa matrikulasi TPB IPB atau mahasiswa jalur undangan SBMPTN karena mahasiswa jalur SBMPTN lebih dulu mengenyam ”perkuliahan perdana” dibandingkan mahasiswa dari jalur non-SBMPTN. Biasanya disebut ‘Gathering Perdana’. Biasanya Gathering Perdana ini memperkenalkan mahasiswa baru tentang MPKMB: sejarah, video MPKMB tahun lalu, dll. Tak lupa memberikan pengarahan tugas yang harus diselesaikan untuk MPKMB nanti serta pemilihan pemimpin di setiap kelompok. Gathering Kedua adalah momen disaat mahasiswa harus mengenal agamanya lebih dalam karena mahasiswa IPB dituntut tidak hanya cakap bidang IPTEK tau bidangnya masing-masing, melainkan juga harus cakap dalam IMTAQ dan menjunjung tinggi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. Waw banget kan? heheheh….
Jeng jeng jeng ….. memasuki hari H. Memasuki hari H berasa gimana gitu… sesuatu banget *emangnya Syahrini?!?!*. Di hari H yang pertama, kalian akan bertemu dengan tokoh-tokoh inspiratif dan bergengsi tentunya bro and sis. Dari mulai rektor sampai menteri hadir di acara MPKMB, kece parah gak nih IPB kita?!?!. Namun, tidak semua tokoh nasional hadir sobat 51 karena tokoh yang hadir biasanya dari kalangan alumni IPB yang sudah mengharumkan nama bangsa kita. Kalian akan “didoktrin” –wah bahasanya ngeri bung mimin¬- untuk mencintai IPB dengan semua prestasi dan inovasinya untuk kemajuan Indonesia, mencintai pertanian, mencintai perairan, mencintai lingkungan, dan tentunya mencintai negeri kita tercinta bro and sis. Jelas banget kalian akan tahu, sebenarnya begitu kaya sumberdaya alam kita ini. Mimin juga dulu sampe sedih karena menganggap pertanian itu sektor terbelakang dan menganggap negeri ini biasa saja. Nyatanya tidak begitu, sob!.
Di hari H yang kedua. Dulu kalau mimin dikenalkan dengan yang namanya “Pergerakan Mahasiswa” beudeuh ampun dah. Di acara kedua ini kalian akan dikenalkan dengan berbagai organisasi dan unit kegiatan mahasiswa (UKM). Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan pembekalan untuk menjadi mahasiswa yang kritis, dinamis, open mind, visioner dll. So, jadi jangan lewatkan yang satu ini ya.
Di hari H terakhir. Yee selesai MPKMB-nya hahaha. Kita *lho kok kita, kalian keleus* akan dikenalkan dengan indahnya dunia “Enterpreneurship”. Kalian mungkin berasal dari berbagai jurusan, dari bidang pertanian hingga psikologi. Namun semangat untuk berwirausaha harus tertanam di setiap diri mahasiswa. Bukan mengharuskan kalian agar menjadi wirausahawan, melainkan agar kalian memiliki jiwa berwirausaha. Jiwa yang penuh inspiratif, dinamis, visioner, risk taker, penuh pengorbanan dll layaknya wirausahawan yang sudah terkemuka di dunia. Dalam acara ketiga ini, kalian bisa berjumpa dengan sosok-sosok alumni IPB yang sudah sukses berwirausaha dengan varian bidang yang ditekuni. FYI aja untuk kalian, wirausahawan-wirausahawan alumni IPB ini tidak hanya terlahir dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen, bahkan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pun ada yang menjadi wirausahawan yang sukses. Pokoknya seru deh.
Oh iya, tambahan nih, di MPKMB nanti kalian akan diberikan penugasan dan di hari H nanti bakal ada SOP pakaian dan perlengkapan. . “Wah, apa lagi tuh min ??” Hehe, kepanjangan kalo dijelasin di sini, langsung aja ke tempat download nya ya –> Downloads Page
Nah gimana temen-temen? Puas dengan ceritanya? Mimin saranin jangan mau puas dengan cerita, jadilah bagian dari sejarah MPKMB IPB Kreator Peradaban 51. Apakah dari cerita mimin ada secercah kisah mengenai senioritas negatif atau perkeloncoan ? “Wah miminnya aja yang gak cerita, taunya malah ada” Eits… Jangan berburuk sangka dulu. Coba aja deh sendiri. Selamat menjadi bagian keluarga besar IPB. See you on top!


Leave a Reply